Kampanye Lingkungan, Bersepeda ke Jakarta

Dua pesepeda asal Bangil, yakni Billah A Bascheh, 33, dan Isa Anshori, 23, punya misi besar. Bersepeda dari Bangil menuju Jakarta untuk menemui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Perjalanan ini dia maksudkan sebagai kampanye sehat peduli lingkungan.

Misi itu tidak hanya di dalam kepala. Kemarin Billah dan Isa merealisasikannya. Sekitar pukul 09.00, dua pesepeda itu berpamitan ke Ketua DPRD Akhmad Zubaidi. Dengan menggunakan sepeda pancal miliknya, Billah dan Isa juga membawa dua spanduk berwarna hijau bertuliskan “Indonesiaku Bersih dan Hijau” dan “Lestarikan Alam Indonesia”. Di bawah tulisan tersebut tercetak Bangil, Kabupaten Pasuruan – Jakarta.

Mereka menargetkan sudah sampai di istana negara di Jakarta pada 16 Agustus dan bertemu langsung dengan Presiden SBY.

Ketua DPRD Akhmad Zubaidi pun merespons positif aksi tersebut. Bahkan sebelum dilepas, ketika berpamitan mereka mendapat kenang-kenangan dari ketua dewan. Seperti surban, jaket DPRD warna hitam dan bendera merah putih.

“Saya tidak asal memberi, tetapi ada pesan di balik apa yang saya berikan ini,” ujarnya. Surban itu bukan surban biasa. Tetapi surban yang dibeli oleh Zubaidi saat beribadah ke tanah suci. Diharapkan dengan surban itu bisa memberi iringan doa dan menghindarkan kepala dari sengatan matahari selama perjalanan.

Jaket hitam milik DPRD juga sengaja diberikan untuk bekal para pesepeda ini ketika menempuh perjalanan jauh. Sebagai kejutan, didalam saku jaket itu dewan memberikan uang saku untuk mereka.

“Bendera merah putih ini sebagai upaya untuk menyemangati anda. Karena bendera ini yang saya dapat sewaktu gerak jalan Surabaya – Mojokerto,” jelas Zubaidi sambil memasangkan ke sepeda Billah.

Sebelum mengibarkan bendera pertanda keduanya boleh berangkat, Zubaidi menitipkan banyak pesan dan peringatan selama berkampanye. Pada dasarnya, pimpinan dewan ikut menyemangati perjalanan dua warga Kabupaten Pasuruan yang bersepeda pancal dari Bangil – Jakarta.

“Ini merupakan satu upaya yang sangat baik dilakukan. Karena mereka akan memperhatikan secara langsung soal lingkungan, keanekaragaman kultur dan budaya masyarakat. Ini adalah sesuatu hal positif,” ungkap pria yang memakai baju putih itu.

Oleh sebab itu legislatif memberikan perhatian dan support agar bisa melakukan perjalanan sebaik-baiknya. Baik itu kesiapan fisik, mental dan logistik. Zubaidi juga berpesan agar tidak usah memaksakan diri selama dalam perjalanan. “Kalau waktunya mancal ya mancal, tapi kalau istirahat ya istirahat,” pesannya.

Dalam perjalanan panjang yang memakain separo hitungan hari dalam sebulan itu, Billah dan Isa juga akan mampir ke pemerintahan yang mereka lalui. “Kami akan memberikan catatan kepada pemerintahan itu mengenai lingkungan yang ada di sana. Catatan itu sesuai dengan yang kami lihat nantinya,” kata Billah.

Untuk itu Zubaidi pun mengharapkan semua instansi dan pemerintahan yang menjadi rute pesepeda ini bisa menerima mereka. “Semoga saja mereka tidak keberatan menerima dua warga kami, barang memberi air seteguk saja,” harap ketua dewan dari PKB ini.

Ketika ditanya latar belakang melakukan misi ini, Billah dan Isa mengatakan kelestarian lingkungan harus digalakkan. Apalagi saat ini sudah minim masyarakat yang mau bersepeda. “Kami juga ingin memasyarakatkan sepeda kepada masyarakat,” ujar kedua pesepeda yang optimis dengan misi kampanye yang mereka bawakan.

Mengenai rute yang bakal ditempuh, setelah dari Bangil mereka menuju ke Surabaya. Selanjutnya pesepeda ini akan menempuh jalur pantura untuk sampai di Jakarta. Pelepasan Billah dan Isa diiringi oleh kelompok fun bike Pasuruan dan fun bike Bangil yang berjumlah sekitar 30 orang. “Kami akan mengantar mereka sampai di bundaran Gempol,” ujar salah seorang anggota fun bike Bangil kemarin. (fa)

Sumber: jawapos.co.id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s